BANDUNG PILOT ACADEMY AKAN MENGADAKAN UJIAN SELEKSI MASUK ANGKATAN KE-XVII  GEL.1 PADA TGL 13 NOVEMBER 2017. AYO  SEGERA DAFTARKAN DIRI KAMU !!!!

Bagaimana pesawat dapat terbang?

Bagi sebagian orang, masih ada yang bertanya bagimana prinsip kerja pesawat untuk dapat terbang? Kami akan mencoba menjelaskan sedikit pada kesempatan kali ini.

Pada dasarnya pesawat dapat terbang karena ada daya angkat (lift) yang dihasilkan oleh keberadaan sayap dan daya dorong (thrust) yang dihasilkan oleh engine.
Sesuai hukum Bernouli "sayap mampu menghasilkan daya angkat karena adanya airfoil chamber, ketika kecepatan udara meningkat maka tekanannya akan turun atau berkurang. 

Maka perhatikan dengan seksama jika bentuk dari sayap pesawat tidaklah sama pada sisi atas dan bawahnya, bagian atas atau upper chamber tampak sedikit menggelembung dibandingkan bagian sayap bawah atau lower chamber yang cenderung berbentuk rata, bentuk inilah yang dinamakan dengan airfoil.

Prinsipnya, kecepatan udara yang melewati bagian atas dari wing akan lebih tinggi dibandingkan yang melewati bagian bawah wing, maka tekanan yang ada dibagian atas akan lebih rendah dibandingkan bagian bawah wing, Hal itu yang membuat wing terangkat naik yang kerap disebut lift, ditambah dorongan yang dihasilkan engine sehingga membuat pesawat dapat terbang.

 

 

©2015 BPT Bandung Internasional Aviation All right reserved
Designed by IT Department