BANDUNG PILOT ACADEMY AKAN MENGADAKAN UJIAN SELEKSI MASUK BATCH KE 19 GELOMBANG 1 PADA TGL 16 JULI 2018. AYO  SEGERA DAFTARKAN DIRI KAMU !!!!

Sosok Irwandi Yusuf, Gubernur Pilot Pertama di Indonesia lulusan BPA

 Irwandi Yusuf resmi dilantik sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022. Ini kali kedua bagi pria yang punya pesawat pribadi sekaligus menjadi pilot ini duduk di kursi Aceh satu. Seperti apa sosoknya?

Pelantikan Irwandi sebagai Gubernur Aceh dilakukan dalam rapat paripurna istimewa di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Rabu (5/7/2017). Irwandi hadir ke lokasi pelantikan didampingi istri Darwati A Gani dan keluarga. Pengucapan sumpah dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan disaksikan ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh.

"Hari ini saya kembali berdiri di sini untuk menyatakan sumpah dan menerima pelantikan selaku Gubernur Aceh, dan bersama Wakil Gubernur Bapak Nova Iriansyah akan menjalankan amanah yang cukup berat dalam memimpin Aceh selama lima tahun ke depan," kata Irwandi dalam pidato perdananya usai dilantik. 

Pelantikan Irwandi hari ini tergolong istimewa karena juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta istri. Jokowi sebenarnya hanya transit di Aceh sebelum kemudian melakukan kunjungan ke Ankara, Turki. Namun Jokowi sengaja datang untuk memberikan ucapan selamat kepada Irwandi dan pasangannya selaku Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

"Terima kasih kepada bapak Presiden yang sudah hadir. Baru kali ini beliau melakukan hal tersebut (hadir di pelantikan gubernur). Belum pernah beliau lakukan di tempat lain. Aceh memang jadi sesuatu dalam hatinya," ungkap Irwandi dalam pidatonya.

Bagi Irwandi, pelantikan hari ini merupakan untuk kedua kalinya ia memimpin Aceh. Dia juga pernah menjabat sebagai gubernur pertama pasca perdamaian Agustus 2005. Saat itu, Irwandi yang berpasangan dengan Muhammad Nazar menjadi orang nomor satu di Tanah Rencong untuk periode 2007-2012. 

Pada saat Irwandi memimpin masa itu, ia membuat berbagai terobosan baru salah satunya program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA). Masyarakat Aceh yang ingin berobat cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja dan langsung dilayani. Program ini kemudian diadopsi pemerintah pusat dengan melahirkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Saat Pilkada Aceh tahun 2012 silam, Irwandi kembali maju lewat jalur perseorangan (independen). Ketika itu, dia berpasangan dengan Muhyan Yunan. Pertarungan sengit berlangsung pada Pilkada kala itu. Setelah perhitungan suara, pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf yang diusung Partai Aceh meraup suara terbanyak.

Setelah tak lagi menjabat sebagai gubernur, Irwandi menghabiskan banyak waktunya dengan belajar menjadi pilot di Bandung Pilot Academy. Setelah mahir menerbangkan pesawat, ia kemudian membeli sebuah burung besi kecil yang hanya muat untuk dua orang.

Pesawat jenis Shark Aero tersebut dilabelinya Hanakaru Hokagata. Dalam akun Facebooknya, ayah lima anak ini mengungkapkan alasannya belajar menjadi pilot hingga memiliki pesawat. Baginya, menjadi pilot merupakan cita-citanya sejak kecil.

"Memang sudah dari 'sono'-nya saya suka, bakat namanya. Saya waktu masih sangat kecil sering berpikir mengapa mobil bisa jalan tanpa ditarik dan mengapa pesawat bisa terbang. Saya sangat kagum pada sopir yang menyebabkan mobil dapat berjalan tanpa dihela. Begitu juga, saya menganggap pilot itu manusia Class One," tulis Irwandi dalam statusnya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, harga pesawat yang dimilikinya tidak terlalu mahal. Ia menyebutnya setara dengan harga satu unit mobil. 

"Saya ingin membuka mata rakyat Aceh lebar-lebar bahwa teknologi pesawat itu bukan hal mewah lagi musykil. Banyak orang masih berpikir bahwa harga pesawat itu puluhan miliar hingga triliunan rupiah. Benar ada pesawat yang harganya Rp 5 T seperti pesawat Airbus A-800, tapi banyak juga pesawat yang harganya sama dengan harga mobil Avanza," jelas pria yang akrab disapa Teungku Agam ini dalam status Facebooknya.

"Pesawat Shark saya tergolong mahal juga karena setara dgn mobil Harrier. Sebenarnya harga pesawat Shark Aero itu 90.000 Euro, atau kira2 Rp 1.3 M. Tapi saya membayarnya hanya 40.000 Euro (Rp 600 juta)," ungkap Irwandi. 

Lima tahun 'puasa' menjabat sebagai pemimpin Aceh, Irwandi yang berpasangan dengan Nova berhasil memenangkan Pilkada serentak Februari lalu. Ada enam calon yang bertarung dan Irwandi meraup suara terbanyak. 

Usai diumumkan sebagai pemenang, pasangan Irwandi membangun 100 unit rumah untuk anak yatim sebagai bentuk rasa syukur. Awalnya, memang rencananya akan diadakan syukuran besar-besaran dan terkumpul dana dari relawan sekitar Rp 2,5 miliar.

"Pak gub (gubernur terpilih Irwandi) dan kita semua berpikir bahwa dari pada dana itu kita gunakan secara berlebihan untuk kenduri atau syukuran apakah tidak sebaiknya kita salurkan untuk hal-hal yang berguna bagi rakyat," kata Nova kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (7/4/2017).

Setelah dilantik hari ini, Irwandi kembali ke singgasana. Ia akan memimpin Tanah Rencong hingga 2022 mendatang. Selamat bertugas, Teungku Agam! 

 

 

©2015 BPT Bandung Internasional Aviation All right reserved
Designed by IT Department