The 21st Century Flying School

Slideshow Image 13 Slideshow Image 14 Slideshow Image 7 Slideshow Image 8 Slideshow Image 9 Slideshow Image 10 Slideshow Image 11
image TENTANG BPA
  • Pengantar
  • Visi dan Misi
  • Legalitas
  • Sistem Nilai
  • Kontak
  • Struktur Organisasi
image PROGRAM
  • Sistem Pendidikan
  • Metode Pembelajaran
  • Flight Training Daily Activities
  • Close Loop Excercise System
  • Proses Pendidikan
  • TPM OPS Spec
image FASILITAS
  • Transportasi
  • Asrama
  • Pesawat Terbang
  • Area Latihan
  • Simulator
  • Computer Pilot Training
  • Flight Instructor
image GALERI
  • Galeri Latihan Terbang
  • Profil Kadet
  • Galeri Video
image NEWS
  • Berita Terbaru
  • Indeks Berita
  • Indeks File PDF
image REGISTRASI
  • Persyaratan
  • Proses Pendaftaran
  • Formulir Pendaftaran Online
  • Pengumuman Kelulusan
image CADET
  • Cadet Aktif
  • Cadet Alumni
<< KEMBALI

PERSYARATAN


PENDAFTARAN

1. DOKUMEN PELENGKAP

Untuk memulai proses pendaftaran, silakan isi aplikasi pendaftaran (Enrollment Application) dan kirimkan ke Bandung Pilot Academy, Jl. Pajajaran 219, Bandara Husain Sastranegara - Bandung, dengan melengkapi beberapa dokumen pelengkap, diantaranya:
  • Curriculum Vitae
  • Keterangan finansial keluarga, dengan disertai:
         - Keterangan finansial keluarga
         - Keterangan finansial pribadi
         - Beasiswa
         - Sponsor dari maskapai penerbangan (jika ada)
         - atau dokumen lain
  • Fotokopi sertifikat kelulusan SMA/sederajat
  • Fotokopi kartu keluarga dan KTP
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat keterangan bebas narkoba


  • Bandung Pilot Academy akan membantu para kandidat yang membutuhkan konsultasi sehubungan dengan sekolah penerbangan maupun pilot profesional.

    2. KETERANGAN PEMBAYARAN

    Pembayaran dilakukan pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Pajajaran, Bandung, dengan Nomor Rekening tujuan 8080818116 a/n PT Bandung Internasional Aviation.

    3. UJI KUALIFIKASI

    Seluruh kandidat diharuskan untuk menyelesaikan ujian kualifikasi yang meliputi:
    1. Tes kesehatan, yang dilakukan oleh dilakukan oleh Direktorat Keselamatan Penerbangan dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
    2. Psikotes, dilakukan oleh Lembaga Kesehatan Penerbang.
    3. Tes akademik, dilakukan oleh Bandung Pilot Academy, meliputi pengetahuan di bidang matematika dan fisika.
    4. Bahasa Inggris, dilakukan oleh lembaga bimbingan Bahasa Inggris resmi.
    5. Tes bakat dan kemampuan, dilakukan oleh Bandung Pilot Academy.


    Bandung Pilot Academy akan menyeleksi seluruh hasil evaluasi dari tiap tes, untuk menentukan passing grade.

    4. HASIL UJI KUALIFIKASI

    Berdasarkan hasil dari uji kualifikasi yang dilakukan, Bandung Pilot Academy akan menginformasikan status pendaftaran, apakah yang bersangkutan diterima menjadi kadet atau tidak.

    Formulir Pendaftaran Online

    Link ke formulir pendataran online

    Pengumuman Kelulusan

    Batch VI Tahap 2

    Download

    Batch VI Tahap 3

    Download

    Batch VI Tahap 4

    Download

    Indeks Berita Terbaru BPA

    SKEP Kelulusan Batch 7 Tahap 1

    10:50, 23 Desember 2013
    Calon cadet Bandung Pilot Academy yang dinyatakan lulus:
    1. Yusron Abdul Nashir
    2. Thesar Wikarsono Pratama Putra
    3. Ali Muhammad Husain
    4. Yoga Erlambang Wijaya
    5. Kresna Wibisono
    6. Dwi Zulkifly S
    7. Fegan Eka Satria
    8. Denny Yanuwar
    9. Jodi Rizkytama
    10. Nurandra Adipradana Nurianto
    11. Adwityo Narapradipta

    Indeks Berita Bandung Pilot Academy

    BPA Mendapat Approval TPM dengan OPS SPEC yang Lebih Luas

    Bandung Pilot Academy (BPA) sebagai pusat pendidikan pilot professional selalu melakukan improvement dalam sistem pendidikannya, termasuk improvement silabus dalam Training Procedure Manual (TPM) nya. Tim DKUPPU yang dipimpin oleh Capt Arief Prawido telah mereview secara intensif selama satu minggu atas usulan perubahan dan Standardisasi TPM Bandung Pilot Academy, akhirnya DKUPPU memberikan approval TPM BPA pada tanggal 7 Juni 2013.

    Dengan telah di approved nya TMP ini berarti BPA diberikan kepercayaan untuk menambah program training yang semula hanya terdiri dari 3 (tiga) program training menjadi 8 (delapan) program training. Kedelepan program training dimaksud adalah :
    > PPL (Privat Pilot License)
    > CPL (Comersial Pilot License)
    > Instrumen Rating
    > CPL IR
    > Flight Instructor Course
    > Endorsment Militer To Civil
    > Endorsment Foreign License
    > Type Ratting


    Peningkatan kapabilitas ini menunjukkan semakin besarnya kepercayaan Authority kepada BPA untuk mencetak pilot yang memiliki jiwa AIRMANSHIP nya baik, peningkatan Ops spek tentu akan diikuti oleh pengingkatan kualitas system pendidikan di BPA termasuk melakukan restrukturisasi organisasi BPA, hal ini disambut baik oleh Stake Holder dan Cadet yang tengah menanti kedatangan tambahan 2 (dua) Unit C172 S-SP dalam perjalanan dari USA ke Bandung dan 2(dua) unit Multi Engine P2006T dari Italia.

    Wisuda Angkatan I Bandung Pilot Academy

    Pada tanggal 28 Maret 2013, Bandung Pilot Academy telah meluluskan calon pilot yang memiliki potensi unggulan pada dunia kedirgantaraan Indonesia. Seremoni ini diisi oleh pidato KASAU yang dapat diunduh dalam format PDF yang dapat diunduh melalui tautan berikut.

    download pidato KASAU Wisuda Angkatan I Bandung Pilot Academy (PDF)

    BPA Menandatangani Kontrak Pembelian Pesawat Multi Engine Baru

    Bandung Pilot Academy (BPA) kini kembali menambah armada barunya. Kali ini BPA membeli pesawat Multi Engine, TECNAM P2006T, sebagai jawaban atas tuntutan kebutuhan Airlines. Pesawat ini dirancang dengan menggunakan teknologi terkini dengan keunggulan antara lain:
    > Mesin Rotax 912S yang telah mendapatkan sertifikasi FAR 23.
    > Menggunakan bahan bakar MOBGAS.
    > Kabin yang nyaman dengan visibility yang lebih luas.
    > Memiliki performa terbaik di kelasnya.
    > Operating cost yang rendah.
    > Retractable landing gear.
    > Glass cockpit dilengkapi oleh Navigation Flight Instrument Garmin G1000

    Bagi cadet, pembelian pesawat TECNAM P2006T akan memberikan keuntungan tambahan (flight exercise) yang lebih lengkap dan tentunya akan menambah 'nilai jual' , sehingga mereka dapat lebih mudah untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, misalnya pendidikan untuk rating Boeing atau Airbus.

    Keputusan BPA untuk membeli pesawat TECNAM P2006T disambut baik oleh para cadet karena mereka tidak hanya memiliki single-engine type rating tetapi juga multi-engine type rating sebagai bekal dalam memasuki kompetisi dalam dunia penerbangan komersil.

    Kerjasama Link and Match antara Citilink dan Bandung Pilot Academy

    Bertepatan dengan hari ke-3 dari perhelatan akbar agenda dua tahunan, Air Show, di kota dirgantara Indonesia dengan disaksikan oleh 57 kadet BPA dan para undangan serta ribuan pengunjung airshow, telah dicapai kesepakatan antara Citilink dengan BPA dalam hal penyediaan pilot (ab initio).

    Bagi BPA, penandatanganan ini memiliki arti penting, karena BPA yakin bahwa Citilink, subsidiary GIA, tentu memiliki metode dan standar mutu yang sagat ketat dalam memilih mitra yang mampu menyiapkan pilot-pilot profesional dengan kualifikasi skill, knowledge, dan attitude airmanship yng baik, dan pilihan itu jatuh kepada Bandung Pilot Academy.

    Kerjasama Link and Match yang dibangun oleh Human Capital Citilink dengan BPA bukan hanya menyiapkan pilot (ab initio) saja, akan tetapi kadet yang telah lulus seleksi Citilin kakan mendapat program pendidikan dan pelatihan tambahan, baik yang bersifat program korporasi Citilink maupun mandatory training yang disyaratkan oleh Citilink. Program tersebut akan diberikan sejak kadet menjalani pendidikan di BPA, dengan harapan waktu transisi yang diperlukan dari pilot (ab initio) menjadi FO dapat diperpendek.

    BPA sebagai pendidikan pilot profesional modern di Indoneisa telah menyusun silabus pendidikan dengan mengkombinasikan berbagai metode pembelajaran yang memungkinkan pilot lulusan BPA memiliki skill terbang (technical know-how), pengetahuan (aeronautical knowledge), serta perilaku (airmanship attitude), yang siap menjawab tantangan kebutuhan Human Capital Citilink dalam menyiapkan penerbang yang handal untuk mendukung pengoperasian 50 Airbus pada tahun 2014.

    Kerjasama ini tentu disambut dengan sukacita oleh seluruh kadet BPA dan para orang tua kadet, karena secercah cahaya dan gerbang perjalanan panjang karir penerbang sudah di depan mata. Semoga semangat pantang menyerah, kerja keras, kedisiplinan serta doa para orang tua kadet membawa keberkahan.

    Telah Lahir "Elang-elang Muda" Jebolan Bandung

    Bandung Pilot Academy (BPA) adalah pendidikan pilot professional modern di Indonesia yang berlokasi di Kota Bandung, Kota Dirgatara Indonesia, berdiri tahun 2008 dan beroperasi penuh tahun 2011 dengan sertifikat Flying School nomor : 141/011. Sebagai sekolah penerbang yang mengadopsi teknologi abad 21 (The 21st Century Flying School), BPA menyusun silabus pendidikan yang mengkombinasikan berbagai metode pembelajaran yang memungkinakan pilot lulusan BPA memiliki skill terbang (technical know-how), pengetahuan (knowledge) serta perilaku (attitude) yang sesuai kebutuhan airline.

    BPA bukan "flight training" yang hanya melatih agar orang bisa menerbangkan pesawat akan tetapi BPA adalah "integrated flight education", karena itu pula metoda membelajaran tidak sekedar memenuhi kebutuhan standar minimum, akan tetapi diberikan pembekalan dan pembinaan yang dilengkapi peralatan canggih yang sesuai dengan perkembangan teknologi pesawat komersial modern saat ini (digital). Karena itu sejak awal Cadet BPA dilengkapi fasilitas Computer Pilot Training (CPT), Flight Training Devices (FTD), Full Flight Simulator, Flight Training (C172 S-SP generasi terbaru/ glass cockpit), on line flight board system, dormitory, pembinaan disiplin wawasan kebangsaan dan etika sebagai penerbang professional.

    Hari ini, Kolenel Penerbang Umar Sugeng, Danlanud Husein Sastranegara, selaku Irup menyematkan wing terbang solo kepada Cadet Angkatan I, wing terbang solo merupakan symbol dimana seorang berhasil menerbangkan pesawat seorang diri dengan selamat sesuai standar keamanan dan keselamatan penerbangan. Jika diumpamakan dengan seekor burung, maka terbang solo merupakan keberhasilan seekor burung mengepakkan sayapnya untuk terbang pertama dengan kekuatannya sendiri, sungguh suatu situasi yang sangat mendebarkan. Tradisi penyematan wing ini bertujuan untuk memberikan penghargaan sekaligus untuk memotivasi para cadet dalam menyelesaikan pendidikannya.

    Dengan kesabaran dan kepiawaian para instruktur serta kerja keras Cadet Angkatan I berhasil terbang solo 100%, dan bahkan sebagian besar Cadet Angkatan I telah siap untuk mengikuti check PPL, keberhasilan ini tentu menjadi motivasi bagi Cadet Angkatan II yang mulai memasuki bina terbang, serta Cadet Angkatan III yang mulai memasuki fase Ground School.

    Indeks File PDF

    Berikut adalah dokumen notifikasi BPA :

    Latihan Terbang

    Cessna 172 S SP Feels The Sky


    Cessna 172 S SP in Night Flight


    Night Flight


    Night Flight


    Profil Kadet BPA

    Galih Maharsih Anjani


    Arief Dwi Prasetio


    Galeri Video BPA

    Liputan channelnewsasia.com


    Video 2


    Video 3


    Office:
    Jl. Pajajaran No. 219,
    Bandung – Indonesia 40174
    Tel: +62 22 601 4699 / Fax: +62 22 602 0921
    Free Website Counter

    Recent Video

    Recent News